Semua Tentang Laut Indonesia

Dalam rangka menjaga lautan beserta dengan isinya, PBB menetapkan eight Juni sebagai Hari Laut Sedunia agar semua orang dapat menjaga dan merawat laut. Mari kita lihat bagaimana kondisi laut Indonesia.

Begitu agung karya Tuhan YME yang telah menciptakan bumi ini beserta isinya dengan sangat sempurna. Untuk memperingati Hari Laut Sedunia, Sukawu ingin membantu mengingatkan manusia untuk menjaga laut Indonesia yang sangat indah.

Bumi kita terdiri dari 71% air dan 29% daratan, sudah menjadi porsi besar bagi manusia untuk mementingkan keindahan laut. Greenpeace sebagai organisasi non-profit adalah sekelompok pecinta lingkungan hidup yang tidak pernahmenyerah untuk menjaga kebersihan dan keindahan laut di seluruh dunia. Mereka berkeliling dunia untuk memantau kondisi laut dan mengambil tindakan untuk mencegah kegiatan yang membahayakan kondisi laut.

Manusia tidak hanya harus menjaga kebersihan laut saja, namun juga harus menjaga keselamatan kehidupan penghuni laut. Ikan-ikan, tumbuh-tumbuhan, karang, biota laut dan hewan laut lainnya adalah populasi laut yang terganggu saat habitatnya dirusak.

Laut Indonesia memiliki keanekaragaman kehidupan di dalam laut. Berdasarkan information kelautan Indonesia, tercatat ada two.500 jenis ikan dan 500 jenis karang laut yang terdapat di laut Indonesia.
Selain keindahan dasar laut, Indonesia juga memiliki kekayaan hasil laut yang tidak dimiliki negara lain. Bahkan Indonesia mengimpor hasil laut ke luar negeri. Saat ini pemerintah gencar menyelamatkan laut Indonesia dari kapal-kapal asing maupun lokal. Mereka tidak segan-segan mengambil langkah tegas agar kekayaan laut Indonesia tidak dinikmati oleh tangan-tangan nakal.

Sayangnya ada beberapa hewan laut dan terumbu karang di Indonesia yang sudah punah dan hampir punah akibat ulah tak bertanggung jawab. Hewan seperti penyu, paus biru, ikan raja laut, kima raksasa dan terumbu karang saat ini kondisinya sangat mengkhawatirkan.

Apa saja aktivitas manusia yang mengganggu kesejahteraan populasi laut?
1. Penangkapan ikan dengan bom air dan pukat harimau
Nelayan yang menangkap ikan dengan menggunakan bom air dapat merugikan habitat penghuni laut karena dapat merusak terumbu karang pada saat bom meledak. Sedangkan untuk pukat harimau diprotes karena merusak karang saat pukat diseret di dasar laut.
two. Sampah plastik
Indonesia adalah salah satu negara penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Sampah plastik seperti kantong plastik belanja, botol plastik dan juga sedotan tidak pernah menghilang. Mereka akan hanyut dari kali dan sungai ke lautan sehingga dapat membunuh hewan laut.
3. Limbah
Limbah yang dibuang ke laut bisa berupa limbah industri, limbah domestik ataupun limbah organik. Limbah yang tidak diolah dengan baik dan langsung dibuang ke perairan dapat mengganggu kehidupan laut. Maka dari itu penting bagi instansi untuk mengolah limbah sebelum dapat dibuang dengan aman.

Sebagai warga negara yang baik, mari kita menjaga dan melestarikan laut Indonesia agar terus harum namanya di mata Internasional. Cari tahu bagaimana membantu lingkungan hidup di artikel Langkah Mudah Peduli Lingkungan Hidup. Selamat memperingati Hari Laut Sedunia!

Artikel terkait:

Masalah Lingkungan Hidup yang Terjadi di Dunia

Pasang Surut Kehidupan Nelayan Indonesia

Olahraga Air Terbaik di Indonesia
SABUNG AYAM
Dashyatnya Bom 60 Ton Milik Pejuang Suriah

Ledakannya sangat dahsyat, hingga menerbangkan semua yang di atas tanah puluhan meter ke udara…
Baca Selengkapnya disini: http://merekoo.blogspot.com/2014/05/video-dashyatnya-bom-60-ton-milik.html

SABUNG AYAM